Jasa Akuntansi Jakarta Barat

 

Banyak orang yang berfikir bahwa ilmu yang berhubungan dengan urusan hitung menghitung sangat membosankan. Bahkan ada pula yang membenci mata pelajaran ini. Padahal ilmu akuntansi sangat penting dan memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan diseluruh instansi, perusahaan, maupun badan usaha. Banyaknya yang membutuhkan ilmu akuntansi, membuat banyak peluang pekerjaan mengolah angka.

Akuntansi dapat di definisikan dari dua sudut pandang yaitu dari sudut pemakainya dan proses kegiatannya. Dari sudut pandang pemakai, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi kuantitatif entitas ekonomi (usaha) terutama yang bersifat keuangan dan dimaksudkan untuk berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi, serta menentukan pilihan di antara serangkaian tindakan-tindakan alternatif yang ada. Sedangkan jika dilihat dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi dapat di definisikan sebagai proses mencatat, mengelompokkan, pelaporan dan menganalisa data keuangan suatu organisasi (perusahaan).

Apakah yang Dimaksud dengan Jasa Akuntansi???

Beberapa orang mungkin masih asing saat mendengar kata “ Jasa Akuntansi”. Jasa Akuntansi merupakan sebuah badan hukum atau perorangan yang memiliki izin secara resmi dari pemerintah dalam menyelenggarakan audit atau pemeriksaan terkait laporan keuangan dari sebuah perusahaan. Melalui jasa akuntansi itulah keuangan perusahaan akan dinilai wajar, pas, dan sesuai fakta atau tidak. Selain itu juga mengetahui jika dalam satu perusahaan tersebut terjadi sebuah kesalahan yang dilakukan secara sengaja.

Kebutuhan akan jasa akuntansi sudah mulai banyak bermunculan di kota-kota besar. Salah satu kota yang sangat memerlukan jasa akuntansi adalah Jakarta. Kebutuhan akan jasa ini dapat dilihat berdasarkan banyak faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu belum memiliki Sumber Daya Manusia yang mampu untuk mengerjakan urusan perhitungan keuangan perusahaan. Apabila faktor ini yang menjadi masalah utama, maka tidak heran jika kebutuhan dari jasa tersebut semakin banyak.

Proses dalam Akuntansi

Terdapat beberapa proses dalam kegiatan akuntansi seperti mencatat, meringkas, menganalisa, dan melaporkan data. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Mencatat

Proses pertama dan yang paling penting dalam proses akuntansi adalah pencatatan transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Proses ini kerap disebut sebagai pembukuan yaitu mengenali transaksi dan masuk ke dalam catatan. Pembukuan berkaitan dengan pencatatan saja. Di dalam akuntansi, biasanya pembukuan dilakukan untuk kepentingan pencatatan yang rinci dan menjadi laporan untuk menyajikan data sebagai laporan akhir keuangan.

Meringkas

 

 

Umumnya, data mentah adalah hasil dari pencatatan transaksi dan dianggap tidak terlalu penting. Data mentah ini tidak berpengaruh untuk proses pengambilan keputusan. Tetapi, di sinilah peran akuntan untuk menggunakan data mentah, membaginya menjadi beberapa kategori, dan diterjemahkan. Jadi proses yang biasa terjadi adalah mencatat transaksi kemudian dilanjutkan dengan meringkasnya.

Menganalisa

Proses selanjutnya adalah menganalisa. Menganalisa merupakan proses akhir yang penting dalam akuntansi. Setelah meringkas, tentunya Anda harus menarik kesimpulan. Di sinilah peran penting manajemen untuk memeriksa poin yang positif dan negatif. Dalam menganalisa semua ini, akuntansi memperkenalkan konsep perbandingan, dimana Anda bisa membandingkan penjualan, laba, ekuitas, dan lainnya untuk menentukan serta menganalisa kerja dan mengambil keputusan.

Melaporkan

Setiap urusan yang terjadi di dalam perusahaan merupakan tanggung jawab manajemen. Setiap pemilik bisnis harus mengetahui berbagai operasi atau kegiatan yang terjadi di perusahaan dan bagaimana perusahaan tersebut menggunakan uang. Dalam hal ini, pemilik perusahaan akan menerima suatu laporan keuangan yang biasanya dikirimkan setiap bulan. Sementara itu, terdapat pula laporan tahunan yang akan merangkum semua kinerja dalam perusahaan.

Startax Consulting, Siap Melayani Segala Macam Persoalan Akuntansi Anda

 

 

Startax Consulting adalah solusi mudah untuk usaha Anda. Dengan didukung software akuntansi terbaik offline dan online sebuah aplikasi yang diciptakan sesuai dengan aturan Standar Akuntansi Keuangan. Serta tenaga accounting yang sudah sangat berpengalaman dalam mengatasi akuntansi. Kami akan membantu mengerjakan persoalan akuntansi usaha Anda baik mengelola persediaan, hutang, piutang kas, bank, sistem akuntansi, pajak dan menyusun laporan keuangan (Neraca, Laba Rugi, Arus Kas, Buku Besar, Catatan Laporan).

Layanan yang kami berikan secara profesional dan selalu mengutamakan kualitas dengan selalu berusaha mengembangkan kemampuan. Selain itu kami juga menjaga integritas terhadap rahasia dan kepercayaan yang sudah diberikan. Komitmen kami dalam memberikan layanan jasa akuntansi yaitu memberikan saran yang objektif dan menyeluruh atas masalah akuntansi yang dihadapi. Namun kami tetap berpedoman pada undang-undang yang berlaku.

Untuk Anda yang sedang mencari atau membutuhkan Jasa Akuntansi di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya. Jangan khawatir, Anda dapat menghubungi melalui tim kami. Untuk informasi lebih lanjut segera hubungi Startax Consulting. Dengan senang hati siap membantu semua persoalan akuntansi Anda.

 

Terimakasih

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsultan Pajak Jakarta Selatan - Startax Consulting

Jasa Akuntansi Ternama Jakarta

Kantor Jasa Akuntansi Jakarta